PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MELALUI METODE AUDIO VISUAL BERBANTU VIDEO INTERAKTIF PADA SISWA MI AL HUDA PASURUHAN

Nafisah, Hastin Durotun (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MELALUI METODE AUDIO VISUAL BERBANTU VIDEO INTERAKTIF PADA SISWA MI AL HUDA PASURUHAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0405.0010_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0010_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0010_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0010_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0405.0010_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode audio visual dalam pembelajaran bahasa Jawa terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas III di MI Al Huda Pasuruhan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2018/2019 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas III MI Al Huda Pasuruhan Mertoyudan Magelang yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes, lembar observasi dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode audio visual dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa pokok bahasan aksara Jawa. Hal ini terbukti dari hasil pembelajaran saat pratindakan, rata-rata kelas adalah 51,68 dengan hasil tidak ada siswa yang mendapatkan nilai 84-100, 5 siswa (20%) mendapatkan nilai antara 66-83, 7 siswa (28%) mendapatkan nilai antara 48-65, dan 13 siswa (52%) mendapatkan nilai antara 30-47. Pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas 70 dengan hasil bahwa terdapat 4 siswa (16%) memperoleh nilai antara 84-100, 11 siswa (44%) memperoleh nilai antara 66-83, 3 siswa (12%) memperoleh nilai antara 48-65, dan 7 siswa (28%) mendapat nilai antara 30-47. Pada siklus II yang semakin meningkat dengan rata-rata kelas 85,36 dengan hasil bahwa terdapat 10 siswa (40%) mendapat nilai antara 84-100, 15 siswa (60%) mendapat nilai antara 66-83, tidak ada siswa yang mendapat nilai antara 48-65, dan tidak ada siswa yang mendapatkan nilai antara 30-47. Dengan demikian ada peningkatan dari pra siklus ke siklus I sebesar 18,32%, kemudian setelah siklus II meningkat menjadi 33,68%. Selain itu aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat. Hal ini ditandai dengan meningkatnya aktivitas siswa dalam bertanya, menjawab dan memahami materi. Dari perhitungan t-test menggunakan metode audio visual diperoleh hasil th sebesar 12,27. Bila dikonsultasikan dengan t tabel dengan df=24 hasilnya adalah ts0,05=2,06< th=12,27˃ ts0,01=2,80. Pada taraf signifikan 5% maupun 1% Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode audio visual berbantu video interaktif dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Jawa siswa kelas III MI Al Huda Pasuruhan Mertoyudan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd (0626046902) dan Irham Nugroho, M.Pd.I (0626098802)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bahasa Jawa, Metode Audio Visual Berbantu Video Interaktif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nilma Himawati
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:04
Last Modified: 03 Feb 2020 07:04
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item