PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN DAMPAK NEGATIF PERILAKU MEROKOK

Amalia, Putri (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN DAMPAK NEGATIF PERILAKU MEROKOK. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0008 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (750kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0008 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0008 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0008 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0008 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan pemahaman dampak negatif perilaku merokok. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS 4 MA Negeri 1 Kota Magelang T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu eksperimen murni (true eksperimental), desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 8 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan teknik sosiodrama dan 8 siswa yang tidak diberi perlakuan teknik sosiodrama. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric yaitu uji Mann Whitney yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan program SPSS for windows versi 22.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman dampak negatif perilaku merokok siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Mann Whitney pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig 0,024 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket perilaku merokok antara kelompok eksperimen 51,125 dan kelompok kontrol sebesar 37,37. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman dampak negatif perilaku merokok siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons. dan Dra. Indiati, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Dampak Negatif Perilaku Merokok.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 30 Apr 2019 09:20
Last Modified: 30 Apr 2019 09:20
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/141

Actions (login required)

View Item View Item