UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BTQ DENGAN METODE “BISMILLAH” UNTUK SISWA KELAS ABK MI MUHAMMADIYAH TERPADU HARAPAN KOTA MAGELANG

Subastia, Monica (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BTQ DENGAN METODE “BISMILLAH” UNTUK SISWA KELAS ABK MI MUHAMMADIYAH TERPADU HARAPAN KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0405.0017_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0405.0017_BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0405.0017_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0405.0017_FULLTEXT..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0405.0017_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan Metode BISMILLAH untuk siswa kelas ABK MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang. 2) Hasil belajar BTQ siswa kelas ABK MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang sebelum dan sesudah menggunakan metode BISMILLAH. 3) Dapatkah metode BISMILLAH meningkatkan hasil belajar BTQ siswa kelas ABK MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas ABK. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Posisi peneliti dalam penelitian ini adalah sebagai pelaku tindakan penelitian. Dalam melakukan tindakan penelitian, peneliti berkolaborasi dengan guru bidang studi yang posisinya sebagai observer.. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan Metode BISMILLAH dalam pembelajar BTQ di kelas ABK yaitu menerapkan metode belajar baca tulis alquran menggunakan media plastisin. Dari akronimnya metode BISMILLAH mengajak siswa belajar sambil bermain agar asyik dan mudah. Sehingga pembelajaran BTQ di kelas ABK di ikuti siswa dengan antusias karena siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Dampak nya kelas menjadi kondusif dan tujuan pembelajaan tercapai. 2) Hasil belajar Baca Tulis Alquran siswa kelas ABK MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang sebelum menggunakan metode BISMILLAH adalah sebesar 29% dari standar KKM 65. Setelah menggunakan metode BISMILLAH mengalami peningkatan pada siklus I menjadi sebesar 57% lalu meningkat lagi pada siklus II menjadi sebesar 86%. 3) Dengan menggunakan Metode BISMILLAH dalam pembelajaran Baca Tulis Al-quran dapat meningkatkan hasil belajar Baca Tulis Alquran siswa kelas ABK MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Muis Sad Iman, M.Ag. (0611017101) dan Ahwi Oktradiksa, M.Pd.I., (0602108502)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar BTQ, BISMILLAH, ABK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nilma Himawati
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:57
Last Modified: 03 Feb 2020 06:57
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item View Item