Jufri, Syarifah Safira Al (2019) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0005 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (849kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0005 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0005 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
14.0301.0005 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0005 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok
dengan teknik modelling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian
dilakukan pada siswa kelas X MA Al-Iman Kota Magelang T.A 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu eksperimen
murni (true eksperimental), desain penelitian yang digunakan adalah pretest
posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil
sebanyak 8 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan teknik
modelling dan 8 siswa yang tidak diberi perlakuan teknik modelling. Pengambilan
sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan
metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic parametric yaitu uji
Anova (Analysis of Variance) yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu
uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan program SPSS for windows
versi 20.00.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik
modelling berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini
dibuktikan dari hasil analisis Uji Anova (Analysis of Variance) pada kelompok
eksperimen dengan probabilitas nilai sig 0,000< 0,05. Berdasarkan hasil analisis
dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket motivasi belajar antara
kelompok eksperimen sebesar 29,87 dan kelompok kontrol sebesar 4,12. Juga
dapat diketahui bahwa penggunaan bimbingan kelompok teknik modelling lebih
efektif diberikan pada siswa laki-laki, dimana skor rata-rata kelompok laki-laki
34,25 dan kelompok perempuan 25,5. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
bimbingan kelompok dengan teknik modelling dapat meningkatkan motivasi
belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons dan Hijrah Eko Putro, M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Motivasi belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 30 Apr 2019 09:17
Last Modified: 30 Apr 2019 09:17
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item