EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Jufri, Syarifah Safira Al (2019) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0005 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (849kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0005 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0005 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0005 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0005 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X MA Al-Iman Kota Magelang T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu eksperimen murni (true eksperimental), desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 8 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan teknik modelling dan 8 siswa yang tidak diberi perlakuan teknik modelling. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic parametric yaitu uji Anova (Analysis of Variance) yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.00. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modelling berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Anova (Analysis of Variance) pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig 0,000< 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket motivasi belajar antara kelompok eksperimen sebesar 29,87 dan kelompok kontrol sebesar 4,12. Juga dapat diketahui bahwa penggunaan bimbingan kelompok teknik modelling lebih efektif diberikan pada siswa laki-laki, dimana skor rata-rata kelompok laki-laki 34,25 dan kelompok perempuan 25,5. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modelling dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons dan Hijrah Eko Putro, M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Motivasi belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 30 Apr 2019 09:17
Last Modified: 30 Apr 2019 09:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item