Purwasih, Arini (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SDN PAYAMAN 2 KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
17.0305.0163_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (494kB) | Preview |
![]() |
PDF (Skripsi)
17.0305.0163_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
17.0305.0163_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
![]() |
PDF (Skripsi)
17.0305.0163_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Preview |
PDF (Skripsi)
17.0305.0163_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (374kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan
emosional dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas III, IV dan V di SDN
Payaman 2.
Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional ini mengambil
subjek dengan sampel siswa kelas III, IV dan V SDN Payaman 2 sejumlah 32
siswa. Kelas III terdiri dari 7 siswa, untuk kelas IV terdiri dari 12 siswaa dan kelas
V terdiri dari 13 siswa. Metode pengumpulan data kecerdasan emosional
menggunakan metode kuesioner dengan instrumen berupa sangat setuju, setuju,
tidak setuju,, sangat tidak setuju. Data hasil belajar matematika menggunakan
metode dokumentasi dengan mengambil data dari penilaian kelas. Instrumen
kecerdasan emosional diuji validitas butirnya menggunakan korelasi product
moment, dengan rentangan hasilnya dari 0,225 – 0,725. Uji reliabilitasnya
menggunakan rumus Cronbach Alpha yaitu pada skala kecerdasan emosi α =
0,699. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan uji
hipotesis menggunakan uji korelasi product moment untuk uji korelasi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi siswa kelas atas
masuk kategori tinggi dengan persentase 90,6% dan hasil belajar kognitifnya
masuk kategori yang rendah dengan persentase 50%. Berdasarkan nilai
signifikansi p (0, 48) dapat disimpulkan terdapat hubungan yang lemah antara
kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa kelas III, IV dan V
SDN Payaman 2. Artinya, perubahan pada kecerdasan emosional memiliki
hubungan namun lemah pada perubahan pada hasil belajar matematika siswa
kelas III, IV dan V SDN Payaman 2 .
Item Type: | Karya Ilmiah (S1) |
---|---|
Pembimbing: | Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501) dan Ari Suryawan, M.Pd (0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1) |
Depositing User: | Editor Yunda Sara |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 04:03 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 06:39 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |