HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SDN PAYAMAN 2 KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG

Purwasih, Arini (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SDN PAYAMAN 2 KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0305.0163_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0163_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0163_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0305.0163_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0305.0163_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas III, IV dan V di SDN Payaman 2. Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional ini mengambil subjek dengan sampel siswa kelas III, IV dan V SDN Payaman 2 sejumlah 32 siswa. Kelas III terdiri dari 7 siswa, untuk kelas IV terdiri dari 12 siswaa dan kelas V terdiri dari 13 siswa. Metode pengumpulan data kecerdasan emosional menggunakan metode kuesioner dengan instrumen berupa sangat setuju, setuju, tidak setuju,, sangat tidak setuju. Data hasil belajar matematika menggunakan metode dokumentasi dengan mengambil data dari penilaian kelas. Instrumen kecerdasan emosional diuji validitas butirnya menggunakan korelasi product moment, dengan rentangan hasilnya dari 0,225 – 0,725. Uji reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbach Alpha yaitu pada skala kecerdasan emosi α = 0,699. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment untuk uji korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi siswa kelas atas masuk kategori tinggi dengan persentase 90,6% dan hasil belajar kognitifnya masuk kategori yang rendah dengan persentase 50%. Berdasarkan nilai signifikansi p (0, 48) dapat disimpulkan terdapat hubungan yang lemah antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa kelas III, IV dan V SDN Payaman 2. Artinya, perubahan pada kecerdasan emosional memiliki hubungan namun lemah pada perubahan pada hasil belajar matematika siswa kelas III, IV dan V SDN Payaman 2 .

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501) dan Ari Suryawan, M.Pd (0618128801)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:03
Last Modified: 20 Jan 2020 04:03
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1386

Actions (login required)

View Item View Item