PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN JARIMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Mudal Temanggung)

Riyani, Sofi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN JARIMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri 2 Mudal Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0212_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (802kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0212_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0212_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0212_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0212_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi perkalian dengan menggunakan teknik jarimatika. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas III SD Negeri 2 Mudal pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berkelanjutan. Subyek penelitian ini siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa dan objeknya adalah pembelajaran matematika . Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, tes tertulis, lembar observasi untuk menilai psikomotor, LKS dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pembelajaran perkalian dari penilaian kognitif maupun penilaian psikomotor pada fase pra tindakan sampai siklus 2 dimana pada siklus tahap pra tindakan mendapatkan nilai rata-rata 69,28, tindakan siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata 74,4 kemudian pada siklus 2 mendapatkan nilai rata-rata 82,5. Adapun hasil nilai psikomotor dari siklus I dan siklus 2 yaitu siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata 79,67 dan siklus 2 mendapatkan nilai rata-rata 87,33. Dengan demikian pembelajaran kontekstual dengan media jarimatika dan PAJAKA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati,MS.Kons (0002086001) dan Ari Suryawan,M.Pd (0618128801)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Perkalian, Teknik Jarimatika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:03
Last Modified: 20 Jan 2020 04:03
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1385

Actions (login required)

View Item View Item