PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA KARTU PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Cacaban 6 Magelang)

Rosaliasari, Kiki (2019) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA KARTU PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Cacaban 6 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0191_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (905kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0191_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0191_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0191_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0191_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara melalui penerapan metode role playing dengan kartu peran. Sehingga proses pembelajaran dirancang secara kolaborasi dengan guru kelas 4 SD Negeri Cacaban 6 Magelang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bericara menggunakan metode role playing dengan media kartu peran. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cacaban 6 Magelang pada kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 33. Peneltian ini berbentuk siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua skilus dimana setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan, tindakan dalam penelitian ini menggunakan metode role playing dengan media kartu peran.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes praktek, sedangkan untuk metode analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing dengan media kartu peran pada siswa kelas IV SD Negeri Cacaban 6 Magelang, terdapat peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara dari mulai prasiklus dengan nilai rata-rata 50,0, siklus I 72,28 menjadi 83,03 di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dengan kartu peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Agrissto Bintang Aji Pradana , M.Pd (0605078801)
Uncontrolled Keywords: Role Playing, kartu Peran, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:02
Last Modified: 20 Jan 2020 04:02
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1383

Actions (login required)

View Item View Item