Khasanah, Uswatun (2019) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA DI KELAS V (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Mertoyudan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0189_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (591kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0189_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0189_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0189_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0189_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (135kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA, mengetahui hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar IPA, dan mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar IPA di kelas V sekolah dasar di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Motivasi belajar sebagai variabel bebas pertama, minat belajar sebagai variabel bebas kedua, dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Jumlah populasi seluruh siswa kelas V SD di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang sebanyak 933 siswa dan sampel penelitian berjumlah 3 sekolah yaitu SD Negeri Pasuruhan 1dengan jumlah 27 siswa, SD Negeri Pasuruhan 2 dengan jumlah 37 siswadan SD Negeri Deyangan 1 dengan jumlah siswa 20 siswa jumlah seluruhnya ada 84 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumenter. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasibelajar IPA, dengan nilai r sebesar 0,523 dan presentase hubungan sebesar 27,4%. 2) Terdapat hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar IPA, dengan nilai r sebesar 0,558 dan presentase hubungan sebesar 31,1%. dan 3) Terdapat hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar IPA, dengan nilai r sebesar 0,594 dan presentase hubungan sebesar 35,2%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Di Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Hermahayu, M.Si (0611098203) dan Ari Suryawan, M.Pd. (0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar, Minat belajar, Prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:59 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 03:59 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1382 |
Actions (login required)
View Item |