PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACIEVEMENT DEVISIONS BERBASIS MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas III B SD Negeri Payaman I Secang Magelang)

Nugroho, Adi (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACIEVEMENT DEVISIONS BERBASIS MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas III B SD Negeri Payaman I Secang Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0168_BAB I_BAB_ II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (902kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0168_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0168_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0168_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0168_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berupa keterampilan proses IPA siswa kelas III SD Negeri Payaman 1 yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Student Team Achievement Devision berbasis media Scrapbook terhadap keterampilan proses IPA siswa kelas III SD Negeri Payaman 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan model penelitian one grup pretest-posttest design. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Student Team Achievement Devision berbasis media Scrapbook dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan prose IPA siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B SD Negeri Payaman 1 sebanyak 20 siswa yang dijadikan sasaran sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji t-tes yaitu One Sample t-test untuk menguji pengaruh keterampilan proses IPA siswa setelah dilakukan tratment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05. Nilai rata-rata sebelum diberikan treatment yaitu sebesar 22,7 dan nilai rata-rata sesudah diberikan treatment yaitu sebesar 32,7. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Devisions (STAD) berbasis media Scrapbook berpengaruh positif terhadap keterampilan proses IPA siswa kelas III SD Negeri Payaman 1.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501) dan Rasidi, M.Pd. (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses IPA, Model Pembelajaran Student Team Achievement Devisions, Media Scrapbook
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:57
Last Modified: 20 Jan 2020 03:57
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item