ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA (Penelitian pada siswa kelas 5 SD se-kelurahan Banyuwangi tahun ajaran 2018/2019)

Rachmataha, Vina (2019) ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA (Penelitian pada siswa kelas 5 SD se-kelurahan Banyuwangi tahun ajaran 2018/2019). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0161_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0161_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0161_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0161_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0161_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor kesulitan belajar matematika ditinjau dari kemampuan koneksi matematika di Sekolah Dasar se- Kelurahan Banyuwangi, Bandongan, Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD se-kelurahan Banyuwangi. Sample dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD se-kelurahan Banyuwangi yang berjumlah 64 siswa. Teknik sampling dari penelitian sampling jenuh karena seluruh populasi digunakan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik kemampuan koneksi matematika, wawancara siswa, dan observasi guru. Prosedur penelitian diawali dengan tahap persiapan, kemudian pelaksanaan, dan analisis/refleksi. Hasil penelitian menunjukkan faktor kesulitan belajar matematika ditinjau dari kemampuan koneksi matematika siswa SD se-Kelurahan Banyuwangi, rata-rata nilai dari keseluruhan persentase menunjukkan angka 57,8 % sebagai angka tertinggi, yaitu terletak pada kategori rendah. Persentase kategori sangat rendah yaitu 20,6 %, kategori sedang 12,8 %, dan kategori tinggi 8,9 %. Hasil tersebut didukung dengan hasil wawancara siswa dan dokumentasi nilai yang sejalan dengan hasil tes tersebut. Jadi, kemampuan koneksi matematika di SD se-Kelurahan Banyuwangi termasuk dalam kategori rendah. 93,6% siswa kesulitan dalam menemukan hubungan dari representasi konsep dan prosedur sistematis. 59,3% siswa mengalami kesulitan dalam memahami hubungan antar topik matematika. 43,8% siswa belum mampu menggunakan matematika dalam memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 53,1% siswa kesulitan dalam memahami representasi konsep yang setara. 42,2% siswa kesulitan dalam menemukan hubungan antara prosedur satu dengan yang lainnya yang setara. 54,7% siswa kesulitan dalam menggunakan koneksi antara matematika dengan matematika itu sendiri dan dengan sains lain.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. H. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Tria Mardiana, M.Pd (0603039002)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar matematika, kemampuan koneksi matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:53
Last Modified: 20 Jan 2020 03:53
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1375

Actions (login required)

View Item View Item