PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA MINIATUR LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD N Soroyudan)

Cahyani, Diah Linda (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA MINIATUR LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP ILMIAH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD N Soroyudan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0158_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0158_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.015_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0158_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0158_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media miniatur lingkungan terhadap sikap ilmiah pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV di SD N Soroyudan dengan jumlah sampel sebanyak 38 siswa, terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 18 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument observasi sikap ilmiah. Data analisis menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Independent Sample T-Test berbantuan SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media miniatur lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap sikap ilmiah siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji Independent Sample T-Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata observasi sikap ilmiah antara kelompok eksperimen sebesar 38,15 dan kelompok kontrol sebesar 34,39. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media miniatur lingkungan berpengaruh terhadap sikap ilmiah siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, M.S.,Kons. (0002086001) Dan Dhuta Sukmarani, M.Si. (0609088701)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, media miniatur lingkungan, sikap ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:53
Last Modified: 20 Jan 2020 03:53
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item