PENGARUH PEMBELAJARAN THINK PAIRS AND SHARE BERBANTUAN MEDIA PLAYDOUGH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Soroyudan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang)

Nurkhasanah, Nurkhasanah (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN THINK PAIRS AND SHARE BERBANTUAN MEDIA PLAYDOUGH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Soroyudan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0152_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0152_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0152_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0152_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0152_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran think pairs and share berbantuan media playdough terhadap peningkatan hasil belajar Matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Soroyudan. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Soroyudan yang berjumlah 36 siswa, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jenis sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Uji validitas instrumen soal tes dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas. Metode analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Independent Sample T-Test berbantuan SPSS 24.0 for windows. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Think Pairs and Share dengan media playdough berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Matematika. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji Independent Sample T-Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2 tailed) 0,001 < 0,05. Hasil uji t diperoleh hasil thitung sebesar 4,733 dan ttabel sebesar 1,688. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika antara kelompok eksperimen sebesar 82,88 dan kelompok kontrol sebesar 72,60. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Think Pairs and Share dengan media playdough berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M. Pd., Kons. (0008015701) Dan Tria Mardiana, M. Pd (0603039002)
Uncontrolled Keywords: think pairs and share, media playdough, hasil belajar, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:52
Last Modified: 20 Jan 2020 03:52
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item