IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH (Studi pada SD Negeri Muntilan Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang)

Riskina, Evti (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN BUDAYA MUTU SEKOLAH (Studi pada SD Negeri Muntilan Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0123_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0123_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0123_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0123_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0123_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi berbasis sekolah (MBS) dalam upaya meningkatkan budaya mutu sekolah di Sekolah Negeri Muntilan Kecamatan Muntilan Kabupaten Muntilan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data yaitu informan atau narasumber. Populasi seluruh warga sekolah SD Negeri Muntilan Kecamatan Muntilan. Sementara, untuk sampel diambil berdasarkan pertimbangan fungsi dan peran informan. Teknik sampel menggunakan snowball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan natural setting, sumber data primer, dan teknik pengumpulan data. Pada teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dokumentasi dan untuk validasi data menggunakan trianggulasi data. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa manajemen berbasis sekolah mampu meningkatkan budaya mutu sekolah yang dilakukan dengan adanya, 1) peningkatan kualitas guru yang diselenggarakan dengan adanya unit penjaminan mutu sekolah dan dilakukan dengan pengadaan audit mutu internal secara berkala, 2) budaya dan kebiasaan yang dirumuskan dan dibuatkan menjadi suatu iklim di sekolah, dan 3) meningkatkan peran serta masyarakat untuk kinerja sekolah. Adapun faktor pendukungnya, 1) kesadaran orang tua siswa terhadap pendidikan, 2) dukungan dari seluruh warga sekolah dan masyarakat dengan adanya paguyuban sekolah dan sudash tersetruktur dengan memiliki organisasi dan keanggotaannya, 3) peran aktif dari pihak komite sekolah sukses mendorong peningkatan budaya mutu sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya,1) waktu luang yang dimiliki oleh setiap masing – masing orang tua siswa berbeda, 2) pola asuh yang berbeda antara sekolah dengan orang tua siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Pd. (0012045601) dan Rasidi, M.Pd. (0620098801)
Uncontrolled Keywords: manajemen berbasis sekolah, budaya mutu sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:48
Last Modified: 20 Jan 2020 03:48
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1370

Actions (login required)

View Item View Item