Fitriyana, Titi Nur (2019) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN SOSIAL DAN PERAN ORANGTUA DENGAN SCHOOL READINESS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0304.0033 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0304.0033 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0304.0033 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0304.0033 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0304.0033 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (342kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hubungan antara kematangan sosial dengan school readiness. 2) mengetahui hubungan antara peran orangtua dengan school readiness. 3) mengetahui hubungan antara kematangan sosial dan peran orangtua dengan school readiness. Penelitian dilakukan pada siswa kelompok B di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 170 yang terdiri dari 85 orangtua siswa dan 85 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner, dan tes school readiness. Uji validasi instrumen angket kematangan sosial dan angket peran orangtua menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan SPSS versi 23 for Windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi statistik parametrik dengan bantuan SPSS versi 23 for Windows. Hasil penelitian menunujukkan bahwa : 1) terdapat hubungan antara kematangan sosial dengan school readiness, nilai rhitung sebesar 0,899 dan persentase hubungan sebesar 80,8%. 2) terdapat hubungan antara peran orangtua dengan school readiness, nilai rhitung sebesar 0,821 dan persentase hubungan sebesar 67,4%. 3) terdapat hubungan antara kematangan sosial dan peran orangtua dengan school readiness, nilai rhitung sebesar 0,900 dan persentase hubungan sebesar 81%. Dengan demikian, kematangan sosial dan peran orangtua secara bersama-sama memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap school readiness.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar, M. Si, P.Si., dan Hermahayu, M.Si.,(Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Kematangan Sosial, Peran Orangtua, School Readiness |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 09:11 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 09:11 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/137 |
Actions (login required)
View Item |