PENGARUH METODE “MIND MAPPING DENGAN MEDIA POP-UP” TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI IPA DAUR HIDUP HEWAN (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD IT At-Taqwa Grabag Magelang)

Safitri, Aliyah Hana (2019) PENGARUH METODE “MIND MAPPING DENGAN MEDIA POP-UP” TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI IPA DAUR HIDUP HEWAN (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD IT At-Taqwa Grabag Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0117_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (728kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0117_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0117_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0117_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0117_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping dengan media Pop-Up terhadap peningkatan pemahaman materi IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) At-Taqwa Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian murni (True Eksperimental Design) dengan model Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi yang digunakan adalah semua siswa SD IT At-Taqwa yang berjumlah 288, Subjek penelitian dipilih secara Random Sampling. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa yakni terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes. Uji validitas instrumen metode tes menggunakan validitas konstruk sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.0. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Independent Sample t-test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.0. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Mind Mapping dengan media Pop-Up berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman materi. Hal ini dibu ktikan dari hasil analisis Uji Independent Sample t-test pada kelas eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pada pengukuran awal atau pretest hasil pemahaman materi antara kelas eksperimen sebesar 66,30 dan kelas kontrol sebesar 68,47 dan pengukuran akhir atau posttest hasil pemahaman materi antara kelas eksperimen sebesar 80,64 dan kelas kontrol sebesar 70,97. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 pada kelas kontrol sebesar 0,400 > 0,05 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Mind Mapping dengan media Pop-Up berpengaruh positif terhadap pemahaman materi IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons (0008015701) dan Dhuta Sukmarani, M.Si, (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Media Pop-Up, Pemahaman materi IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:42
Last Modified: 20 Jan 2020 03:42
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1369

Actions (login required)

View Item View Item