PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pasuruhan 2)

Namitawati, Namitawati (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pasuruhan 2). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0108_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0108_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0108_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0108_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0108_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran aktif berbasis multiple intelligence untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS penelitian pada siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 2. Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri atas 3 pertemuan. Penelitian pada kelas IV yang berjumlah 38 siswa. Variabel dalam penelitian yaitu siswa yang belum tuntas, hasil belajar IPS dan model pembelajaran aktif berbasis multiple intelligence. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran aktif berbasis multiple intelligence dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan mulai dari prasiklus dengan rata-rata nilai 51,32, sedangkan siklus I rata-rata nilai 70,34 dengan presentase ketuntasan 34%, siklus II rata-rata nilai 72,74 dengan ketuntasan 45%, siklus III rata-rata nilai 82,82 dengan ketuntasan 100%. Menunjukan bahwa pembelajaran aktif berbasis multiple intelligence mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 2.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd, (0007085701) dan Rasidi, M.Pd, (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Multiple Intelligence
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:41
Last Modified: 20 Jan 2020 03:41
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item View Item