Syifa’, Muhammad ‘Ainu (2019) ANALISIS FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa yang Mengalami Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas III di MI Al Islam Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0106_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (828kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0106_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0106_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0106_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0106_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (359kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika di MI Al-Islam Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan model Deskriptif Kualitatif yaitu penelitian untuk menganalisis dan menggambarkan sebuah data dengan kalimat yang kemudian disimpulkan, hasil data tersebut berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dikelompokkan lalu dianalisis dan disimpulkan dari analisis yang telah dilakukan. Subjek penelitian terdiri dari 1 guru, dan 10 siswa kelas 3 MI Al-Islam Bedono Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang, adapun objek dalam penelitian ini adalah faktor kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah karena kurangnya kemampuan siswa dalam membaca, lalu kesulitan memahami soal matematika, kemudian kegiatan pembelajaran yang masih tekstual, dan kurangnya media pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar mengajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti yang didukung dengan dokumentasi yang ada. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika adalah kesulitan siswa dalam membaca dan memahami soal, kemudian pembelajaran yang masih tekstual lalu yang terakhir adalah media yang kurang memadai.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons (0008015701) dan Ela Minchah L.A. M.Psi.Psi. (0606018701) |
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan, Soal Cerita Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:38 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 03:38 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1367 |
Actions (login required)
View Item |