Nurvitasari, Atrika Prita (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN Secang 2 Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0104_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (813kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0104_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0104_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0104_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0104_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode STAD
(Student Team Achievment Division) terhadap keaktifan dan prestasi belajar
Matematika kelas IV SD N Secang 2.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental Research), desain penelitian ini menggunakan non eqivalen design.
Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan metode STAD
(Student Team Achievment Division) dan variabel terikat yaitu keaktifan siswa dan
prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Secang 2. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas IV SD Negeri Secang 2 yang berjumlah 40 siswa. Teknik
pengambilan data menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen untuk
mengukur keaktifan siswa menggunakan lembar observasi dan instrumen untuk
mengukur prestasi belajar menggunakan pretest dan posttest yang berbentuk tes
objektif. Validitas instrumen tes dan reliabilitas diuji dengan menggunakan
SPSS23. Teknik analisis data menggunakan uji One Way Annova yang telah
diketahui homogenitas dan normalitasnya.
Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 67,6
dan nilai posttest sebesar 91,8. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata
pretest 64,8 dan nilai posttest sebesar 80,0. Keaktifan siswa pada kelas
eksperimen sebeleum diberikan metode STAD (Student Team Achievment Divisio)
sebesar 20% setelah diberikan treatment naik menjadi 65%. Kelas kontrol sebagai
pembanding keaktifan siswa sebesar 25% tidak ada kenaikan. Hasil uji hipotesis
menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa penggunaan metode STAD (Student Team Achievment
Division) memberikan pengaruh positif terhadap keaktifan dan prestasi belajar
siswa kela IV SD N Secang 2.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Pd (0012045601) dan hmad Syarif,M.Or. (0630038903)
Uncontrolled Keywords: Metode STAD (Student Team Achievment Division), Keaktifan siswa, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:36
Last Modified: 20 Jan 2020 03:36
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1365

Actions (login required)

View Item View Item