Nurvitasari, Atrika Prita (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN Secang 2 Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0104_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (813kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0104_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (531kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0104_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0104_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0104_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (416kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode STAD (Student Team Achievment Division) terhadap keaktifan dan prestasi belajar Matematika kelas IV SD N Secang 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research), desain penelitian ini menggunakan non eqivalen design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan metode STAD (Student Team Achievment Division) dan variabel terikat yaitu keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Secang 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Secang 2 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes dan observasi. Instrumen untuk mengukur keaktifan siswa menggunakan lembar observasi dan instrumen untuk mengukur prestasi belajar menggunakan pretest dan posttest yang berbentuk tes objektif. Validitas instrumen tes dan reliabilitas diuji dengan menggunakan SPSS23. Teknik analisis data menggunakan uji One Way Annova yang telah diketahui homogenitas dan normalitasnya. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 67,6 dan nilai posttest sebesar 91,8. Pada kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest 64,8 dan nilai posttest sebesar 80,0. Keaktifan siswa pada kelas eksperimen sebeleum diberikan metode STAD (Student Team Achievment Divisio) sebesar 20% setelah diberikan treatment naik menjadi 65%. Kelas kontrol sebagai pembanding keaktifan siswa sebesar 25% tidak ada kenaikan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode STAD (Student Team Achievment Division) memberikan pengaruh positif terhadap keaktifan dan prestasi belajar siswa kela IV SD N Secang 2.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatno, M.Pd (0012045601) dan hmad Syarif,M.Or. (0630038903) |
Uncontrolled Keywords: | Metode STAD (Student Team Achievment Division), Keaktifan siswa, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:36 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 03:36 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1365 |
Actions (login required)
View Item |