PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA PUZZLE CERDAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kepatihan, Purworejo)

Fadhilla, Nuansa Trimaya (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA PUZZLE CERDAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kepatihan, Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0096_BAB I_ BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0096_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0096_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0096_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0096_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number Head Together dengan Media Puzzle Cerdas terhadap hasil belajar matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kepatihan Purworejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen quasi dengan desain Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kepatihan Purworejo. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV A (21) sebagai kelas kontrol, dan kelas IV B (18) sebagai kelas eksperimen. Analisis data meliputi uji validitas, normalitas, homogenitas, dan uji Mann- Whitney U dengan bantuan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Number Head Together dengan media puzzle cerdas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri Kepatihan Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan Asymp.Sign (2tailed) 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 94,90 dan kelas kontrol sebesar 81,21.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra Indiati, M.Pd (0028036001) dan Ari Suryawan, M.Pd, (0618128801)
Uncontrolled Keywords: numbered head together, hasil belajar, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:34
Last Modified: 20 Jan 2020 03:34
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item