Fadhilla, Nuansa Trimaya (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA PUZZLE CERDAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kepatihan, Purworejo). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0096_BAB I_ BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0096_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0096_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0096_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0096_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Number
Head Together dengan Media Puzzle Cerdas terhadap hasil belajar matematika
kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kepatihan Purworejo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen quasi dengan desain
Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Sampel dipilih dengan menggunakan
teknik sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD
Negeri Kepatihan Purworejo. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV A (21) sebagai kelas kontrol, dan kelas IV
B (18) sebagai kelas eksperimen. Analisis data meliputi uji validitas, normalitas,
homogenitas, dan uji Mann- Whitney U dengan bantuan program SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Number
Head Together dengan media puzzle cerdas terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas IV di SD Negeri Kepatihan Purworejo. Hasil penelitian menunjukkan
Asymp.Sign (2tailed) 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan
terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 94,90 dan
kelas kontrol sebesar 81,21.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra Indiati, M.Pd (0028036001) dan Ari Suryawan, M.Pd, (0618128801)
Uncontrolled Keywords: numbered head together, hasil belajar, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:34
Last Modified: 11 Feb 2025 02:48
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item