PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas III SD Negeri Tegal Kuning, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo)

Darmawati, Ratri (2019) PENGGUNAAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas III SD Negeri Tegal Kuning, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0093_BAB I_BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (734kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0093_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0093_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0093_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0093_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar pada siswa kelas III SD Negeri Tegalkuning melalui penerapan strategi pembelajaran active learning tipe true or false Penelitian ini merupakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 3 siklus. Tahapan pada setiap siklus terdiri dari (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik persentase. Target ketercapaian keaktifan dan prestasi belajar pada siklus 1 adalah 60%, siklus II adalah 70%, dan siklus III adalah 82%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi true or falsedapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh pada keaktifan siswa pada siklus I adalah 64%, siklus II adalah 73%, dan siklus III adalah 84%. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil yang diperoleh pada prestasi belajar siswa adalah siklus I adalah 63%, siklus II adalah 79%, dan siklus III adalah 84%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M. Si (0012045601) dan Ahmad Syarif, M. Or (0630038903)
Uncontrolled Keywords: strategi true or false, keaktifan, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:32
Last Modified: 20 Jan 2020 03:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item View Item