Praniadani, Putri Lima (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA KOMIK FUN AND EASY MATH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA IV di SD Negeri Gunungpring 2 Muntilan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (780kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0090_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (271kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media komik fun and easy math terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri Gunungpring 2 Muntilan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian true eksperimen dengan model pretest posttest control group design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gunungpring 2 Muntilan. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah total sampling, terdiri dari 24 siswa kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes. Analisis data menggunakan statistik parametrik dengan uji t (independent sample t-test) berbatuan SPSS for windows versi 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan media komik fun and easy math berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisis uji independent sample ttest dengan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. Berdasarkan analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan kenaikan rata-rata akhir hasil belajar matematika yaitu kelompok eksperimen sebesar 10,58 dan kelompok kontrol sebesar 3,75. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran realistic mathematics education berbantuan media komik fun and easy math berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd. (0028036001) dan Ari Suryawan, M.Pd (0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Matematika Realistik, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:31 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 03:31 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1362 |
Actions (login required)
View Item |