Fajriyani, Itta Nur (2019) PENGARUH LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS SETS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD N Deyangan 2 dan SD N Pasuruhan 4 Kec. Mertoyudan Kab. Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0081_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (864kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0081_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0081_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0081_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0081_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (142kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Siswa berbasis SETS dalam pembelajaran tematik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan model nonequivalent control group design. Sampel yang diambil sebanyak 44 siswa yang terdiri dari 22 siswa di kelas eksperimen dan 22 siswa di kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi Product Moment melalui program Microsoft Excel. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik One Way Anova melalui program IBM SPSS 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa berbasis SETS dalam pembelajaran tematik berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis observasi menggunakan uji One Way Anova pada kelas eksperimen dengan probabilitas nilai signifikansi 0,001 < 0,05, nilai Fhitung(60,012) > Ftabel(3,11). Dan hasil analisis tes menggunakan uji One Way Anova pada kelas eksperimen dengan probabilitas nilai signifikansi 0,001 < 0,05, nilai Fhitung(20,488) > Ftabel(3,11). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata observasi keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen sebesar 27,50 dan kelas kontrol sebesar 20,09. Terdapat pula perbedaan pada ratarata nilai tes keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen sebesar 83,07 dan kelas kontrol sebesar 74,42. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa berbasis SETS dalam pembelajaran tematik berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatno, M.Si (0012045601) dan Galih Istiningsih, M.Pd (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Siswa Berbasis SETS, Pembelajaran Tematik, Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:28 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 03:28 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1361 |
Actions (login required)
View Item |