Sudiawati, Ira Aulia (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA INOVASI SUMBER ENERGI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPA (Penelitian pada siswa kelas IV SD Negeri Polengan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0074_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0074_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0074_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0074_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0074_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
Quantum Teaching dengan media inovasi sumber energi terhadap keaktifan
belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Polengan Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi
Experimental tipe Nonequivalent control group design. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan tipe
sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa terdiri dari 20 siswa
kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Uji validitas instrumen tes
menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan
cronbach alpha dengan bantuan komputer program IMB SPSS versi 25.00 for
windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas.
Analisis data menggunakan teknik statistik One Way ANOVA dengan bantuan
komputer program IMB SPSS versi 25.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Quantum Teaching
dengan media inovasi sumber energi berpengaruh terhadap keaktifan belajar IPA.
Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji One Way ANOVA pada kelompok
eksperimen dengan nilai 0.000< 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan,
terdapat perbedaan skor rata-rata hasil angket antara kelompok eksperimen
sebesar 82,75 dan kelompok kontrol sebesar 70,05, serta rata-rata hasil observasi
antara kelompok eksperimen sebesar 77,7 dan kelas kontrol sebesar 68,15. Hasil
dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Quantum Teaching dengan
media inovasi sumber energi berpengaruh terhadap keaktifan belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd. (0007085701) dan Galih Istiningsih, M.Pd. (0619018901)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Quantum Teaching, Media Inovasi Sumber Energi, Keaktifan Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:27
Last Modified: 20 Jan 2020 03:27
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item