Sudiawati, Ira Aulia (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA INOVASI SUMBER ENERGI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPA (Penelitian pada siswa kelas IV SD Negeri Polengan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0074_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (506kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0074_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0074_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0074_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0074_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (446kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Quantum Teaching dengan media inovasi sumber energi terhadap keaktifan belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Polengan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi Experimental tipe Nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan tipe sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa terdiri dari 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha dengan bantuan komputer program IMB SPSS versi 25.00 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik One Way ANOVA dengan bantuan komputer program IMB SPSS versi 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Quantum Teaching dengan media inovasi sumber energi berpengaruh terhadap keaktifan belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji One Way ANOVA pada kelompok eksperimen dengan nilai 0.000< 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata hasil angket antara kelompok eksperimen sebesar 82,75 dan kelompok kontrol sebesar 70,05, serta rata-rata hasil observasi antara kelompok eksperimen sebesar 77,7 dan kelas kontrol sebesar 68,15. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Quantum Teaching dengan media inovasi sumber energi berpengaruh terhadap keaktifan belajar IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd. (0007085701) dan Galih Istiningsih, M.Pd. (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Quantum Teaching, Media Inovasi Sumber Energi, Keaktifan Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:27 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 03:27 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1360 |
Actions (login required)
View Item |