PENGARUH METODE PROYEK MENGHIAS KELAS TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Prihatiningsih, Septi (2019) PENGARUH METODE PROYEK MENGHIAS KELAS TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0304.0032 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0032 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0032 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0304.0032 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0304.0032 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Proyek Menghias Kelas Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 4-5 Tahun. Desain penelitian ini menggunakan desain eksperimen One Group Pretest-Posttest Design dengan melakukan pengukuran awal dan pengukuran akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok A Taman Kanak-Kanak Mardisunu Grabag, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 21 anak, teknik sampling menggunakan purposive sampling yaitu anak yang kemampuan kerjasama kurang yaitu berjumlah 15 anak. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa lembar observasi yang diukur menggunakan instrumen dengan 12 item indikator. Teknik analisis data yang digunakan adalah non parametrik dengan uji wilcoxon test menggunakan bantuan SPSS versi 23. Hasil uji wilcoxon test menggunakan bantuan SPSS versi 23 diperoleh nilai t sebesar -3.431 dengan tingkat signifikasi 0,001 sedangkan statistik tabel 0. Hasil perhitungan SPSS terlampir. Berdasarkan hasil pengukuran awal dan pengukuran akhir diketahui bahwa kemampuan kerjasama pada anak lebih tinggi setelah diberikan perlakuan kegiatan metode proyek menghias kelas. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode proyek menghias kelas berpengaruh terhadap kemampuan kerjasama anak usia 4-5 tahun. Hal ini berarti hipotesis penelitian berbunyi “Metode Proyek Menghias Kelas Berpengaruh Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 4-5 Tahun”, terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi dan Nur Rahmah, S.Pd (pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Metode Proyek Menghias Kelas, Kemampuan Kerjasama Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 30 Apr 2019 09:09
Last Modified: 30 Apr 2019 09:09
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item