Mithasani, Ika Rismania (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE BERBANTU MEDIA KARULTA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Pada Peserta didik Kelas IV SDN Kalinegoro 3 Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0072_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (936kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0072_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0072_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0072_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0072_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (382kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Think Pair and Share berbantu media Karulta terhadap hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahun Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kalinegoro 3. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy eksperimental design) dengan desain penelitiannon equivalent control group design. Sampel yang diambil sebanyak 59 peserta didik, 29 peserta didik kelas IVB yang merupakan kelas eksperimen yaitu kelas yang diberikan perlakuan (treatment) dengan menerapkan model pembelajaran TPS, dan 30 peserta didik kelas IVA yang merupakan kelas kontrol yaitu kelas yang tidak mendapatkan perlakuan(treatment). Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling (sampel keseluruhan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes hasil belajar IPS. Teknik analisis data yang digunakan dengan bantuan SPSS versi 23 for windows menggunakan Kolmogrov Smirnov dan levene, untuk menguji hipotesis menggunakan Independen sampel test Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan skor rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 77,72 lebih tinggi daripada skor rata-rata kelas kontrol sebesar 65,13. Hasil pretest dan posttest dinyatakan normal dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, uji Hipotesis menggunakan Independen sampel test, yang menyatakan Ho ditolak. Sehingga hasil dari penelitian posttest kelompok eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa ”ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair and Share berbantu media Karulta terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS”.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Hermahayu, M.Si (0611098203) dan Ela Minchah L.A, M.Psi.Psi (0606018701) |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran think pair and share (TPS), hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:25 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 03:25 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1359 |
Actions (login required)
View Item |