Burhan, Elsaheni Dwiputri (2019) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTU VIDEO SIMBIO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Beseran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0064_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (922kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0064_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0064_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0064_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0064_LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (380kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching berbantu video Simbio terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Beseran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan model One Group Pretest Posttest. Variabel bebas penelitian yaitu model Quantum Teaching berbantu video Simbio (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA (Y). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Beseran yang berjumlah 24 siswa. Tehnik sampling menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes. Uji validitas instrument soal tes dengan menggunakan rumus product moment pearson sedangkan uji realibilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan program IBM SPSS versi 23.0 for Windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan tehnik statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan program IBM SPSS versi 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching berbantu video Simbio berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon dengan probabilitas nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 dengan rata-rata hasil pretest 67,5 dan rata-rata hasil posttest 82,1. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat peningkatan 14,6 dari rata-rata hasil pretest dan posttest. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching berbantu video Simbio berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons (0012096606) dan Ari Suryawan, M.Pd. (0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | Model Quantum Teaching berbantu video Simbio, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 03:20 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 03:20 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1358 |
Actions (login required)
View Item |