PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA DABOKEL TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN (Penelitian pada Siswa Kelas I SD Negeri 3 Ropoh Kepil Wonosobo Tahun Ajaran 2018 / 2019)

Listiyani, Irna (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN MEDIA DABOKEL TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG BILANGAN (Penelitian pada Siswa Kelas I SD Negeri 3 Ropoh Kepil Wonosobo Tahun Ajaran 2018 / 2019). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0053_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (747kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0053_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0053_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0053_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0053_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview

Abstract

Aktif dengan media Dabokel siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 3 Ropoh Kepil Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi Experimental tipe Nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 42 siswa terdiri dari 21 siswa kelompok eksperimen dan 21 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer program SPSS versi 23.0 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik Independent T- Test dengan bantuan komputer program SPSS versi 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran aktif dengan media Dabokel berpengaruh positif terhadap kemampuan operasi hitung bilangan pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji T- Tes pada kelompok eksperimen dengan nilai 0.001< 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara kelompok eksperimen sebesar 100 dan kelompok kontrol sebesar 80. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif dengan media Dabokel berpengaruh positif terhadap kemampuan operasi hitung bilangan Matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons, (0012096606) dan Tria Mardiana, M. Pd (0603039002)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif, Media Dabokel, Kemampuan Operasi Hitung Bilangan, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:09
Last Modified: 20 Jan 2020 03:09
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1354

Actions (login required)

View Item View Item