PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL DENGAN MEDIA MYSTERY CANDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Sukodadi 2, Bandongan)

Musyarofah, Hanik (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL DENGAN MEDIA MYSTERY CANDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Sukodadi 2, Bandongan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0052_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (942kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0052_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0052_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0052_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0052_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode pembelajaran drill dengan media mystery candy terhadap peningkatan kemampuan berhitung matematika siswa kelas II SD Negeri Sukodadi 2, Bandongan tahun ajaran 2019/2010. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi Experimental tipe Nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa terdiri dari 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer program IBM SPSS versi 25.0 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik Independent t-test dengan bantuan komputer program IBM SPSS versi 25.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa kemampuan berhitung matematika mengalami peningkatan yang signifikan dari rata-rata 53,65 menjadi 84,65 setelah diberikannya perlakuan. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatannya hanya sedikit yaitu dari rata-rata 54,55 menjadi 65,0. Hal ini dibuktikan juga oleh hasil analisis uji Independent Ttes pada pos-ttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai 0.001<0.05. Sehingga, Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran drill dengan media mystery candy berpengaruh positif terhadap kemampuan berhitung matematika siswa kelas II materi penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons (0012096606) dan Dhuta Sukmarani,M.Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Media Mystery Candy, Kemampuan berhitung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:04
Last Modified: 20 Jan 2020 03:04
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1353

Actions (login required)

View Item View Item