Kulsum, Siti Umi (2019) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (Penelitian Penggunaan Media Pembelajaran oleh Guru Kelas di Kelas Rendah Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0005_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (879kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0005_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0005_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0005_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0005_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) analisis penggunaan media pembelajaran, (2) daya dukung penggunaan media pembelajaran, dan (3) hambatan penggunaan media pembelajaran dalam implementasi Kurikulum 2013 di SD N kelas rendah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah guru sebagai narasumber utama dan melebar ke siswa, kepala sekolah, wali murid dan komite. Lokasi penelitian di SD N Tembarak dan SD N Greges 2 Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan teknik serta menggunakan bahan referensi. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Penggunaan media pembelajaran oleh guru kelas di SD N kelas rendah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung yang meliputi perencanaan penggunaan media pembelajaran (access, cost, technology dan novelty), pelaksanaan penggunaan media pembelajaran (interactivity) dan evaluasi penggunaan media pembelajaran (organization) belum optimal. (2) Faktor yang mendukung dalam penggunaan media pembelajaran di SD N kelas rendah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung meliputi ketersediaan media pembelajaran yang mudah diakses dan dukungan warga sekolah yang mendukung. (3) Sedangkan kendala yang dialami dalam penggunaan media pembelajaran di SD N kelas rendah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung berupa kecenderungan guru dalam menggunakan media cetak dan keterbatasan waktu.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.,Kons (0002086001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd. (0601098303) |
Uncontrolled Keywords: | implementasi Kurikulum 2013, media pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 02:18 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 02:18 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1352 |
Actions (login required)
View Item |