Sari, Shohifatul Rahmatika (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0007_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0007_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0007_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0007_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0158_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (421kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran round table terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V SDN Pasuruhan 1, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design jenis non equivalent control grup design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pasuruhan 1 yang berjumlah 19 siswa dan siswa kelas V SD Negeri Kembangkuning 2 yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Data penelitian yang dikumpulkan melalui tes kemudian dianalisis menggunakan Uji U Man Whitney dengan bantuan IBM SPSS Statistic 24. Berdasarkan pengujian menggunakan uji U Mann Whitney, hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran round table berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai posttest dibandingkan nilai pretest. Uji hipotesis diperoleh Asymp Sig (2-tailed) adalah 0,006. Nilai signifikansi 0,006 < 0,05 maka model pembelajaran round table berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd (0624118801) |
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Round Table, Keterampilan Menulis Cerita Pendek |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 02:10 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 02:10 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1351 |
Actions (login required)
View Item |