Agustin, Adelia (2019) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA “SIPUT” (ROTASI PUTAR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0034_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0034_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0034_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0034_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0034_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis
masalah (problem based learning) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata
pelajaran PKn pada siswa kelas 3 SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan Tempuran
Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain Pre-eksperimental, khususnya pola
one group pretest posttes desaign. Pembelajaran berbasis masalah (problem based
learning) dengan bantuan media “Siput” (Rotasi Putar) diterapkan di kelas 3 Sd
Negeri Ringinanom 2 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data penelitian yang
dikumpulkan melalui soal tes tertulis kemudian dianalisis menggunakan Uji
Parametrik dengan Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah
(problem based learning) dengan bantuan media “Siput” (rotasi putar) berpengaruh
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran PKn. Hal ini dibuktikan
dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Uji
hipotesis diperoleh Asymp.Sign. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan
bantuan media “Siput” (rotasi putar) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa mata pelajaran PKn.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si. (0611098203) dan Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd. (0605078801)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Kemampuan Berpikir Kritis, Media Siput (Rotasi Putar)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:52
Last Modified: 18 Jan 2020 03:52
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item