Utami, Riska Dwi (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA PAPAN TAKALINTAR (TABEL KALI PINTAR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Polengan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.008_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0038_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0038_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.008_FULTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0038_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
Matematika Realistik dengan media papan takalintar (tabel kali pintar) terhadap
Hasil Belajar matematika Siswa kelas III di SD Negeri Polengan, kecamatan
Srumbung, Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Designs
dengan model (one group pretest-posttest design) teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis
“purposive sampling”. Sampel yang diambil sebanyak 17 siswa kelas III SD
Negeri Polengan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak
terstruktur dan tes. Uji validitas soal tes menggunakan teknik korelasi product
moment dari Karl Pearson sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan
cronbach alpha dengan bantuan program program SPSS for windows versi 22.00.
Uji prasyarat yang digunakan terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas.
Analisis data menggunakan teknik statistik non-parametrik yaitu uji Wilcoxon
dengan bantuan program SPSS for windows versi 22.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika Realistik
dengan media papan takalintar (Tabel Kali Pintar) berpengaruh positif terhadap
hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji wilcoxon dengan nilai
sig (2-tailed) 0.000< 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara hasil posttest sebesar 80,4 dan
hasil pretest sebesar 70,5. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan pembelajaran Matematika Realistik dengan media papan takalintar
(tabel kali pintar) berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Si, (0012045601) dan Tria Mardiana, M.Pd (0603039002)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik, Takalintar, Hasil Belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:51
Last Modified: 18 Jan 2020 03:51
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item