Utami, Riska Dwi (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MEDIA PAPAN TAKALINTAR (TABEL KALI PINTAR) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Polengan Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.008_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (591kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0038_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0038_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.008_FULTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0038_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (66kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Matematika Realistik dengan media papan takalintar (tabel kali pintar) terhadap Hasil Belajar matematika Siswa kelas III di SD Negeri Polengan, kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Eksperimental Designs dengan model (one group pretest-posttest design) teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis “purposive sampling”. Sampel yang diambil sebanyak 17 siswa kelas III SD Negeri Polengan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur dan tes. Uji validitas soal tes menggunakan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha dengan bantuan program program SPSS for windows versi 22.00. Uji prasyarat yang digunakan terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik non-parametrik yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS for windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika Realistik dengan media papan takalintar (Tabel Kali Pintar) berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji wilcoxon dengan nilai sig (2-tailed) 0.000< 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara hasil posttest sebesar 80,4 dan hasil pretest sebesar 70,5. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Matematika Realistik dengan media papan takalintar (tabel kali pintar) berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatno, M.Si, (0012045601) dan Tria Mardiana, M.Pd (0603039002) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Matematika Realistik, Takalintar, Hasil Belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 03:51 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 03:51 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1345 |
Actions (login required)
View Item |