PENGARUH PEMBELAJARAN STAD (STUDENT ACHIEVEMENT DIVISIONS) BERBANTUAN MEDIA KARTU CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA SISWA (Penelitian dilakukan pada siswa kelas 3 di SD Negeri Sutopati 2 )

Suci, Ayu Melati (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN STAD (STUDENT ACHIEVEMENT DIVISIONS) BERBANTUAN MEDIA KARTU CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PADA SISWA (Penelitian dilakukan pada siswa kelas 3 di SD Negeri Sutopati 2 ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0041_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0041_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0041_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0041_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0041_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaranSTAD (Student Achievement Divisions) berbantuan Media Kartu Cerita Terhadap Keterampilan Menulis cerita pada siswa kelas 3 di SD Negeri Sutopati 2, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini eksperimen dengan desain Pre-Experimental Designs, khususnya pola one group pretest posttest design.Pembelajaran STAD (Student Achievement Divisions) berbantuan Media Kartu Cerita yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data penelitian yang dikumpulkan melalui lembar penilaian kinerja siswa kemudian dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran STAD (Student Achievement Divisions) berbantuan Media Kartu Cerita berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pada siswamata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretestyaitu hasil nilai rata-rata pretest 34 dan hasil rata-rata nilai posttest 90 jadi dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata pretest dan posttest meningkat sebesar 56. Uji hipotesis dengan uji wilcoxon diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaram STAD (Student Achievement Divisions) berbantuan Media Kartu Cerita berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pada siswa kelas 3 mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati., MS., (0002086001) Kons dan Tria Mardiana, M.Pd. (0603039002)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaram STAD (Student Achievement Divisions) berbantuan Media Kartu Cerita
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:51
Last Modified: 18 Jan 2020 03:51
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item View Item