PENGARUH MANAJEMEN KELAS BERBASIS CREATIVE CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA ( Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN Blondo 1, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang )

Budiyanti, Nunik (2019) PENGARUH MANAJEMEN KELAS BERBASIS CREATIVE CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA ( Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN Blondo 1, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0055_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (795kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0055_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0055_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0055_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0055_PERNYATAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas berbasis creative class terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Blondo 1. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu ( Pre Experimental Design) dengan model One Grup Pretest Postest Design. Subjek penelitian dipilih secara sampling jenuh. Sample yang diambil sebanyak 20 siswa. Uji validitas instrument tes hasil belajar IPS dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 21.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari juni normalitas Shapiro Wilk, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Analisis data menggunakan teknik statistik parametik yaitu uji Paired Sample t test dengan bantuan SPSS for Windows versi 21.00. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Paired Sample t test pada kelompok eksperimen dengan probilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata (mean) hasil belajar pretest 44,04 dan setelah diberi perlakuan (treatment) hasil rata-rata (mean) posttest meningkat sebanyak 80,47. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen kelas berbasis creative class berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons. (0002086001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas Berbasis Creative Class, Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:50
Last Modified: 18 Jan 2020 03:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item