Budiyanti, Nunik (2019) PENGARUH MANAJEMEN KELAS BERBASIS CREATIVE CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA ( Penelitian pada Siswa Kelas IV SDN Blondo 1, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang ). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0055_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (795kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0055_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0055_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0055_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0055_PERNYATAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas
berbasis creative class terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar
Negeri Blondo 1.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu ( Pre
Experimental Design) dengan model One Grup Pretest Postest Design. Subjek
penelitian dipilih secara sampling jenuh. Sample yang diambil sebanyak 20 siswa.
Uji validitas instrument tes hasil belajar IPS dengan menggunakan rumus product
moment sedangkan uji reabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan
bantuan program SPSS for Windows versi 21.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari
juni normalitas Shapiro Wilk, uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Analisis data
menggunakan teknik statistik parametik yaitu uji Paired Sample t test dengan
bantuan SPSS for Windows versi 21.00.
Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Paired Sample t test pada kelompok
eksperimen dengan probilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0.05. Berdasarkan hasil
analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata (mean) hasil belajar
pretest 44,04 dan setelah diberi perlakuan (treatment) hasil rata-rata (mean)
posttest meningkat sebanyak 80,47. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa penerapan manajemen kelas berbasis creative class berpengaruh positif
terhadap hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons. (0002086001) dan Septiyati Purwandari, M.Pd (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas Berbasis Creative Class, Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:50
Last Modified: 07 Feb 2025 02:04
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item