Astuti, Dwi Andriyani (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN MEDIA DIORAMA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD N 3 Kepil, Wonosobo). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0059_BAB I_BAB II_ BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0059_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0059_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0059_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0059_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPA
dengan model guided discovery berbantuan media diorama lingkungan terhadap
kemampuan analisis siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Kepil, Wonosobo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental) dengan model Nonequivalent control group design. Subjek
penelitian dipilih secara total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 44 siswa
terdiri dari 24 siswa kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Uji
validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan
bantuan komputer program IMB SPSS versi 25.00 for windows. Uji prasyarat
analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data
menggunakan teknik statistik One Way Anava dengan bantuan komputer program
IMB SPSS versi 25.00 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan model
guided discovery berbantuan media diorama lingkungan berpengaruh positif
terhadap kemampuan analisis siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji One
Way Anava pada kelompok eksperimen, hasil analisis menggunakan test dengan
probabilitas nilai signifikansi 0,05 diperoleh nilai Fhitung 15,450>Ftabel 3,11.
Sedangkan hasil analisis One Way Anava melalui observasi diperoleh nilai Fhitung
12,196 > Ftabel 3,11.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons (0002086001) dan Dhuta Sukmarani, M.Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Model Guided Discovery, Kemampuan Analisis, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:48
Last Modified: 06 Feb 2025 06:50
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item