Cahyaningtyas, Rima (2019) EFEKTIVITAS MEDIA BERCERITABONEKA TANGAN UNTUK MENGURANGI SEPARATION ANXIETY DISORDER. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0304.0026 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0304.0026 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0304.0026 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0304.0026 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0304.0026 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (287kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi Separation Anxiety Disorder atau kecemasan berpisah dengan figur lekat melalui media bercerita boneka tangan pada siswa Taman Kanak-kanak Kuncup Mekar Sukowuwuh Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 petemuan. Subyek penelitian ini adalah kelas B1 berjumlah 2 siswa. Obyek penelitian ini adalah Separation Anxiety Disorder melalui media bercerita boneka tangan. Penelitian dilakukan di Taman Kanak-kanak Kuncup Mekar Sukowuwuh. Waktu pelaksanaan dilakukan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Identivikasi variabel penelitian yaitu variabel input Separation Anxiety Disorder yang tinggi dan variabel proses media bercerita boneka tangan, dan variabel output berkurangnya Separation Anxiety Disorder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (lembar observasi) dan wawancara (lembar wawancara untuk guru kelas). Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila Separation Anxiety Disorder anak telah berkurang mencapai 60%. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan pada Separation Anxiety Disorder melalui media bercerita boneka tangan pada anak kelas B1 di TK Kuncup Mekar Sukowuwuh. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil berkurangnya Separation Anxiety Disorder yaitu ND mengalami perubahan Siklus I 21,7% menjadi 79,2% pada akhir Siklus III dan RS mengalami perubahan Siklus I 24,2% menjadi 86,9% pada akhir Siklus III. Berdasarkan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media bercerita boneka tangan efektif untuk mengurangi Separation Anxiety Disorder pada siswa kelas B1 Taman Kanak-kanak Kuncup Mekar Sukowuwuh. Waktu pelaksanaan dilakukan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ibu Dra. Lilis Madyawati, M.Si dan Nur Rahmah, M.Pd (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Separation Anxiety Disorder, media bercerita boneka tangan, kelas B1 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 09:03 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 09:03 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/134 |
Actions (login required)
View Item |