Purwanti, Ani (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL) MELALUI MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Kemloko, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0088_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKAA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0088_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0088_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0088_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0088_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intelektual) melalui media diorama terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kemloko Kecamatan Kranggan Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Pre- Experimental Designs tipe one group pretest-posttest design. Subjek penelitian dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer program IBM SPSS versi 25.00 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Analisis data menggunakan teknik statistik uji-t pengujian ini dilakukan dengan menggunakan analilis Paired Sample T-Test dengan bantuan komputer program IBM SPSS versi 25.00 for windows. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,000< 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar yaitu pretest sebesar 46,67 dan posttest sebesar 77,02 . Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intelektual) melalui media diorama berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M.Si (0007096412) dan Dhuta Sukmarani, M.Si. (0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intelektual), Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 03:47 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 03:47 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1339 |
Actions (login required)
View Item |