Purwanti, Ani (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL) MELALUI MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Kemloko, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0088_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKAA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0088_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0088_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0088_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0088_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran SAVI
(Somatis Auditory Visual Intelektual) melalui media diorama terhadap hasil
belajar IPA siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kemloko Kecamatan
Kranggan Kabupaten Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Pre-
Experimental Designs tipe one group pretest-posttest design. Subjek penelitian
dipilih secara Sampling Jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 24 siswa. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes
menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer program
IBM SPSS versi 25.00 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Analisis data menggunakan teknik
statistik uji-t pengujian ini dilakukan dengan menggunakan analilis Paired Sample
T-Test dengan bantuan komputer program IBM SPSS versi 25.00 for windows.
Hasil penelitian dengan menggunakan analisis uji Paired Sample T-Test
menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,000< 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar yaitu pretest
sebesar 46,67 dan posttest sebesar 77,02 . Hasil dari penelitian dapat disimpulkan
bahwa penggunaan pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intelektual)
melalui media diorama berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si (0007096412) dan Dhuta Sukmarani, M.Si. (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intelektual), Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD (S-1)
Depositing User: Editor Yunda Sara
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:47
Last Modified: 26 Feb 2025 03:55
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item