Fajriyah, Lailatul (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA PUNTADEA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI CUACA DAN PENGARUHNYA BAGI MANUSIA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD N Kalinegoro 3). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0098_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0098_BAB IV .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0098_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0098_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0098_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran TGT Berbantu Media Puntadea Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia pada Siswa Kelas III SD N Kalinegoro 3. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design (Nonequivalent Kontrol Group Design) yang terdiri dari dua variable diantaranya yaitu variable bebas (Independen) yang terdiri dari Pembelajaran TGT Berbantu Media Puntadea dan variable terikat (dependent) yang terdiri dari Hasil Belajar IPA Materi Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia siswa SD kelas III SD N Kalinegoro 3. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III SD N Kalinegoro 3 yang berjumlah 46 siswa dengan jumlah 23 siswa mengikuti kelas Eksperimen dikurangi 23 siswa lainnya mengikuti kelas Kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data yang terdiri dari Pretest dan Posttest yang dikerjakan oleh siswa sebelum pemberian dan sesudah Treatment diberikan. Teknik analisis data menggunakan t-test yang sebelumnya telah diketahui homogenitas dan normalitasnya. Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran TGT berbantu media Puntadea pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata Pretest sebesar 65,17 dan nilai Posttest dengan rata-rata sebesar 84,40. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata Pretest sebesar 63,09 dan nilai rata-rata Posttest sebesar 69,30. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,005 yang dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Artinya ada perbedaan Antara model pembelajaran TGT berbantu media Puntadea terhadap hasil belajar IPA materi Cuaca dan Pengaruhnya bagi Manusia pada siswa kelas III SD N Kalinegoro 3 Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar, M.Si,.Psi (0614107401) dan Dhuta Sukmarani, M.Si, (0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Teams Games Tournament berbantu Media Puntadea |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 03:46 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 03:46 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1338 |
Actions (login required)
View Item |