Rahmawati, Heni (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA JAWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KREATIVITAS SISWA (Penelitian pada siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 1 Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0100_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0100_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0100_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0100_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0100_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (277kB) | Preview |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Bahasa Jawa berbasis scientific approach terhadap peningkatan pemahaman dan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri Pasuruhan 1 Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research) dengan model Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian dipilih dengan teknik sampling jenuh karena semua populasi dijadikan sampel. Sampel yang diambil sebanyak 43 siswa terdiri dari 22 siswa kelompok eksperimen dan 22 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Uji validitas instrumen tes menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata hasil tes dan observasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yaitu sebesar 75,23 dan 56,67 untuk hasil tes serta 77,7 dan 63,7 untuk hasil observasi. Hasil uji Independent Sample T-Test untuk data tes diperoleh nilai thitung > ttabel (4,912 > 2,020) dan nilai signifikansinya < 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Data observasi memperoleh nilai thitung > ttabel (6,053 > 2,020) dan nilai signifikansinya < 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Kesimpulannya adalah pembelajaran Bahasa Jawa berbasis scientific approach efektif terhadap peningkatan pemahaman dan kreativitas siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Galih Istiningsih, M.Pd. (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran Bahasa Jawa, scientific approach, tingkat pemahaman, kreativitas siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 03:44 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 03:44 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1337 |
Actions (login required)
View Item |