PENGARUH METODE INQUIRY BEBAS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Payaman1, Kabupaten Magelang)

Falaq, Farid Yuniar Khusnul (2019) PENGARUH METODE INQUIRY BEBAS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Payaman1, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0115_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (807kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0115_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0115_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0115_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0115_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview

Abstract

Menulis puisi merupakan salah satu pembelajaran yang dianggap sulit bagi siswa, sehingga siswa cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan keterampilan menulis puisi rendah, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inquiry bebas berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SD Negeri Payaman 1 Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest. Pembelajaran metode inquiry bebas berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SD Negeri Payaman 1 berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengambilan data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan IBM SPSS versi 24. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisismeningkatnya rata-rata keterampilan menulis siswa yang pada saat pretestsebesar 65% setelah diberikan perlakuan hasil postest meningkat menjadi 72% setelah diberi perlakuan. Analisis hasil Uji Wilcoxon dengan probabilitas sig (2-tailed) adalah 0,000<0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran metode inquiry bebas berbantuan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati M.S.,Kons. (0002086001) dan Arif Wiyat Purnanto,M.Pd (0624118801)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Puisi, Metode Inquiry bebas, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:43
Last Modified: 18 Jan 2020 03:43
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1336

Actions (login required)

View Item View Item