PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Giripurno 1 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang)

Wulandari, Tri (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI (Penelitian Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Giripurno 1 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0151_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (835kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0151_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0151_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0151_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0151_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis media gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Giripurno 1 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Experimental Design dengan model One Grup Pretest Posttest Design. Subjek penelitian dipilih dengan sampel jenuh. Sampel penelitian sebanyak 19 siswa terdiri dari 9 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes menulis puisi sebagai metode pokok dalam penelitian dan metode observasi sebagai metode bantu. Uji validitas instrumen tes menulis puisi dengan menggunakan validasi ahli (expert judgement). Analisis data menggunakan uji wilcoxon signed rank test dengan bantuan program IBM SPSS Versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis media gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon signed rank test dengan probabilitas nilai Z -3.826 < alpha 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes menulis puisi yaitu pengukuran awal (pretest) 55 dan pengukuran akhir (posttest) 93. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis media gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si (0007096412) dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd (0605078801)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontekstual berbasis media gambar, keterampilan menulis puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:42
Last Modified: 18 Jan 2020 03:42
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item View Item