Mawar, Maya Guita (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE DENGAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Payaman 1, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0155_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (761kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0155_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0155_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0155_FULLTEXT-.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0155_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (254kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dengan Multimedia terhadap hasil belajar Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Payaman 1, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan model The Non-Equivalent Group Design. Subjek penelitian dipilih secara non random. Sampel yang diambil sebanyak 52 orang siswa terdiri dari 26 siswa kelompok eksperimen, dan 26 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data mengunakan tes dan observasi. Uji validitas soal sejumlah 60 item kemudian diperoleh 50 item soal valid, sedangkan uji reliabilitas diperoleh koefisien alpha sebesar 0,864. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, homogenitas, dan uji kesukaran soal. Analisis data menggunakan statistik parametrik yaitu uji Independen Simple T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Berdasarkan hasil analisis pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata posstest antara kelompok eksperimen sebesar 89 dan kelompok kontrol sebesar 81,38. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil analisis Uji Independen Simple T-Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai thitung 3,477 > ttabel 1,71088. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dengan Multimedia berpengaruh positif terhadap hasil belajar Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup siswa kelas IV SD Negeri Payaman 1.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. H. Subiyanto, M.Pd (0007085701) dan Rasidi, M.Pd (0620098801) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis Multiple Intelligences dengan Multimedia, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 03:42 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 03:42 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1334 |
Actions (login required)
View Item |