PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Candimulyo 2 Magelang)

Haryati, Siti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Candimulyo 2 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0167_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0167_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0167_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0167_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0167_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Candimulyo 2 Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen design tipe one group pretest-posttest design (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Subyek dalam penelitian ini adalah sampel jenuh atau sampel total yaitu dengan melibatkan seluruh siswa kelas V SD Negeri Candimulyo 2 yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik penilaian unjuk kerja. Uji validitas instrumen penilaian unjuk kerja, dilakukan dengan menggunakan validasi ahli (expert judgement. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji hipotesis. Analisis data yang digunakan menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan berbantuan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil analisis data dengan uji Paired Sample T-Test memperoleh nilai sig (2- tailed) 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest adalah 51,88, sedangakan nilai posttest adalah 84,01. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe time token berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd (0624118801)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe time token, keterampilan berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:38
Last Modified: 18 Jan 2020 03:38
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item