PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MINDMAP TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Keji 1 Kecamatan Muntilan)

Fitriyah, Fitriyah (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MINDMAP TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Keji 1 Kecamatan Muntilan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0188_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (701kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0188_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0188_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0188_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0188_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mindmap terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Keji 1 Kecamatan Muntilan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik sampling jenuh pada siswa kelas V yang terdiri dari 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keaktifan siswa. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mindmap berpengaruh positif terhadap keaktifan siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket keaktifan siswa antara sebelum dan setelah diberikan perlakuan sebesar 42,8

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Hermahayu, M.Si (0611098203) dan Tria Mardiana, M.Pd (0603039002)
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe jigsaw, mindmap, keaktifan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 18 Jan 2020 03:30
Last Modified: 18 Jan 2020 03:30
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item